Tips Tetap Segar Saat Bekerja

Setiap hari bekerja? siapa yang tidak capek jika tiap hari harus di kantor dari pagi sampai siang, sampai sore, bahkan ada juga yang sampai malam. Oh... pasti capek rasanya, saya sendiri terkadang merasa malas untuk berangkat ke kantor.
Tapi tidak usah hawatir, di buat enjoy aja, berikut adalah tips untuk kita yang setiap hari harus sibuk di kantor.

Pertama, biasakan bangun di pagi hari.

Aktivitas umumnya dimulai pada jam 08.00 pagi, baik untuk kerja, kuliah dan lain-lain. Maka tidak ada salahnya jika kita bangun lebih awal missal jam 05.30 atau jam 06.00. Kalau saya sendiri memang walib harus bangun pagi, paling engga maksimal jam 04,30 sudah harus bangun, karena kalau tidak bangun di marahi sama mama karena kesiangan sholat subuh, dan yang perlu di ingat jangan tidur lagi setelah bangun dan sholat subuh.
Dengan bangun pagi, selain kita dapat menikmati udara pagi yang lebih segar, kita juga memiliki cukup waktu untuk melakukan pemanasan terhadap tubuh kita sebelum melakukan aktivitas seharian.
Beberapa akitivitas pemanasan sederhana yang dapat kita lakukan missal melakukan senam kecil (bagus sekali untuk wanita), push up dan sit up beberapa kali (untuk laki-laki biasanya), lari ringan di tempat dan lain-lain. Dengan melakukan beberapa olah-raga ringan maka tubuh akan lebih siap untuk menjawab tantangan melakukan aktivitas seharian.

Jika memungkinkan, (missal bagi kita yang masuk kantor agak siang) maka sebagaiknya melakukan jogging ringan setidaknya 30 menit sudah cukup jika dilakukan secara berkala. Jogging sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan oksigen ke otak kita dan peredaran darah secara keseluruhan, sehingga akan lebih meningkatkan daya konsentrasi kita untuk melakukan aktivitas seharian. Dengan jogging juga sangat efektif untuk mengurangi dampak negatif jika kita di kantor lebih sering menghirup udara dari AC atau udara panas terik-berdebu di jalan.

Kemudian tidak ada salahnya untuk mendi sinar matahari di pagi hari. Karena kita pasti semua tahu-kan kalau sinar matahari di pagi hari sangat bagus untuk tubuh, terutama membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Dengan terkena sinar matahri di pagi hari juga sangat membantu untuk menghangatkan pikiran kita agar lebih rileks dan tenang.

Jangan lupa untuk selalu membiasakan sarapan pada waktu yang tepat. Idealnya banyak yang menganjurkan untuk sarapan pada jam 06.30 hingga jam 09.00. Dengan sarapan maka kita dapat energi yang cukup untuk melakukan aktivitas di pagi hari hingga tengah siang hari dengan baik dan optimal. Dengan sarapan juga dapat membuat pola makan kita teratur dan sangat bagus sekali untuk jangka panjang dalam menjaga kesehatan. Dengan sarapan juga kita akan terhindar dari makan dengan porsi besar (sebagai balas dendam karena tidak makan di pagi hari) pada makan siang. Dan ini tentunya tidak bagus untuk tubuh baik dalam waktu pendek atau jangka panjang. Sebagai contoh, jika kita makan terlalu banyak pada makan siang, maka tubuh cenderung lemas, mudah mengantuk, konsentrasi lemah dan pada akhirnya produktivitas kerja kita drop derastis.

Dan ambilah waktu untuk tidur siang singkat. Para peneliti dari Northwestern University dalam studinya menemukan jika tidur siang meskipun dalam waktu yang singkat setelah belajar dapat membantu anda menyerap dan menyimpan informasi yang baru saja anda pelajari. Para ahli dari Johns Hopkins Hospital Sleep Disorder Center juga menyatakan bahwa tidur siang dengan waktu yang singkat dapat meningktakan kewaspadaan yang lebih besar selama beberapa jam. Selain itu manfaat tidur siang juga dapat meningkatkan produktivitas, konsentrasi dan akurasi seseorang.

Sebagai tips tambahan, jika memungkinkan kita bisa mendengar musik sambil bekerja maka tidak ada salahnya untuk memutar jenis musik yang kita senangi dan dapat membuat kita lebih semangat. Jangan meremehkan tips sederhana ini, karena banyak riset yang menunjukkan sebuah musik yang tepat dapat memperbaiki suasana hati menjadi baik kembali dan tentunya hal ini dapat membuat kita semangat kembali.


Secara teori tips di atas mungkin sangat sederhana dan mungkin sudah sering kita dengar. Tapi jangan salah… Cukup susah menerapkan dan melaksanakannya secara konsisten! Jadi tetaplah berusaha untuk menerapkannya hingga menjadi sebuah habit atau kebiasaan yang baik dari diri kita. Jangan pula lupa juga untuk selalu mengawali hari dengan pikiran yang positif.

Selamat Mencoba!

Catatan Penting : Kata mbah parjan dalam buku harianya"Kerjo iku rekoso, tapi luwih rekoso yen ora kerjo" yen sira males kerjo le, nyekelo hp terus ketik REG <spasi> AKU WEGAH KERJO <kirim ke> NOMORNYA SI BOS. Otomatis sira langsung di pecat.

Related Posts:

0 Response to "Tips Tetap Segar Saat Bekerja"

Posting Komentar